Sabtu, 15 Januari 2011
Liputan6.com, London: Tubuh orang-orang yang sembuh dari infeksi virus H1N1 atau pandemi flu babi bisa menghasilkan super imunitas yang dapat melawan berbagai jenis virus flu. Dengan mengalahkan serangan virus H1N1, tubuh membentuk antibodi yang mampu mengatasi segala macam penyakit flu. Penelitian terbaru itu dimuat di Journal of Experimental Medicine, belum lama berselang.

Dokter Patrick Wilson yang memimpin penelitian ini mengungkapkan flu babi yang mencapai level pandemi dan menginfeksi sekitar 60 juta orang tahun lalu, telah memberikan kesempatan unik bagi para peneliti. Ia berharap dengan penelitian ini para peneliti dapat menemukan sebuah vaksin yang dapat mengatasi semua jenis flu.

Dari enam pasien flu babi yang diteliti, mereka menemukan bahwa infeksi tersebut telah memicu produksi sejumlah besar antibodi di dalam tubuh. Lima antibodi yang berhasil diisolasi oleh tim peneliti terbukti dapat melawan berbagai jenis flu musiman, flu spanyol yang membunuh 50 juta orang pada 1918 silam dan berpotensi mampu mengatasi flu burung yang mematikan.

"Banyak ilmuwan bekerja untuk mengembangkan sebuah vaksin yang mampu melindungi tubuh dari berbagai jenis virus flu. Penelitian terbaru ini memberikan kami keyakinan bahwa menciptakan vaksin flu universal adalah suatu hal yang tidak mustahil," jelas ahli vaksin dari Universitas Oxford, dokter Sarah Gilbert.

Meski begitu, menurut Sarah, diperlukan bertahun-tahun percobaan dan tes agar vaksin semacam ini bisa diciptakan. "Sedikitnya diperlukan waktu lima tahun sebelum vaksin semacam ini bisa diproduksi dan tersedia bagi pasien," imbuh Sarah.


Sumber:
http://kesehatan.liputan6.com/berita/201101/315900/Flu.Babi.Dapat.Ciptakan.Imunitas.Super

0 komentar: